Gapailah Ilmu Sampai ke Negeri Cina

Oleh : Fitria Helmanila

cina

Gapailah ilmu sampai ke negeri cina seakan judul kalimat motivasi yang banyak sebagian orang mempertanyakan isi dari artikel ini apakah kata-kata motivasi atau tidak, saya sedang tidak menulis artikel motivasi karena memang sedang tidak termotivasi, hahaha. Saya ingin menulis tentang negeri cina atau bisa dibilang sebagai negeri tirai bambu. Ide untuk menulis artikel tentang cina berawal ketika pada hari senin, 17 Desember 2012, saya berbincang-bincang dengan supir taksi di perjalanan menuju daerah kuningan, kita berbincang panjang lebar menghilangkan kebosanan menghadapi infrastruktur di Jakarta yang tak kunjung membaik (sudah boleh protes kah dengan gubernur yang sekarang? Haha :D). Salah satu topik yang menarik yang kami perbincangkan adalah tentang negeri cina. Saya dan pak supir memiliki pendapat yang sama, yaitu sama-sama mengakui kehebatan dari negeri cina. Mari kita menelik apa sih yang menjadi keistimewaan dari negeri tirai bambu ini, sehingga muncul istilah, ”gapailah ilmu sampai ke negeri cina.”

1. Gunung Everest yang Merupakan Gunung Tertinggi di Dunia

chimborazo07

Gunung everest merupakan gunung tertinggi yang ada di Tibet (cina)-nepal. Gunung ini bisa dibilang merupakan bagian dari gunung himalaya. Ketinggian mencapai 8.848 atau 29.029 raya. Karena ketinggian dan kecantikan pemandangan itulah, ramai pendaki di seluruh dunia yang ingin menaklukan gunung ini. Cuacanya sangat ekstrim, dengan medan yang curam sehingga banyak pendaki yang kecundang tidak mampu sampai puncak gunung ini, mayat-mayat mereka dibiarkan saja disana karena kesukaran untuk membawa mayat-mayat itu turun. Gunung ini telah menjadi keajaiban dunia karena ketinggian hingga mencapai 8.848, walaupun banyak variasi untuk mengukur puncak ketinggian gunung. Kenapa? Banyak orang mengatakan kalau gunung himalaya masih akan terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik di kawasan tersebut.

2. Keistimewaan Tembok Cina

images (1)

Jika mas-mas atau mba-mba datang ke negeri cina, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi icon sejarah masa lalu negeri tirai bambu ini, yaitu tembok cina. Pada zaman kerajaan cina, konon katanya tembok ini digunakan sebagai benteng pertahanan militer kuno yang menghabiskan waktu atau masa pembangunan yang sangat lama dengan ukuran paling besar di dunia. Dalam catatan sejarah pembangunan tembok cina, telah memhabiskan waktu lebih dari 2000 tahun dengan berganti penguasa di berbagai zaman yang tidak pernah berhenti dalam membangun tembok ini hingga mencapai total panjang 50.000 kilometer. Cerita horornya, ribuan pekerja yang tewas dalam pembuatan tembok tersebut juga dikubur dalam bangunan tersebut. Wajar saja jika ribuan orang meninggal dalam pembuatan tembok ini, lah wong dibuatnya saja berabad abad, bahkan 5 dinasti :p.
Terhitung dari barat sampai ke timur, tembok ini melewati 9 provinsi, kota, dan daerah otonomi sepanjang 7.300 kilometer. Tembok ini memiliki tinggi 8 meter.

changchen

Tembok ini dibangun dengan benteng atau menara api pada setiap bagian. Pada masanya, di dalam menara api tersimpan senjata dan bahan pangan. Seluruh menara api akan dinyalakan bila musuh datang, sehingga kabar tersebut langsung disampaikan ke seluruh negeri dalam waktu yang sangat singkat.
Fungsi tembok cina yang dulunya sebagai kubu pertahanan militer kini telah menjadi tempat wisata dunia. Keindahan arsitektur yang mencerminkan kemegahan, kekuatan, dan kebesaran serta tata letaknya diatas gunung mengundang para wisatawan asing berbondong-bondong berniat untuk memanjakan mata mereka. Sejauh mata memandang, maka akan terlihat sejauh lekukan tembok cina masih terlihat, bagaikan naga besar yang menggeliat menyusuri pegunungan. Mungkin kita semua tidak dapat membayangkan, bagaimana membangun tembok tersebut, sementara pada masanya belum dilengkapi dengan alat berat seperti alat berat modern pada zaman sekarang. Hal ini menujukan kecerdasan ilmu pengetahuan arsitektur yang sangat luar biasa oleh nenek moyang bangsa cina. Kekaguman keistimewaan itu memjadikan tembok cina ini sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

3. Program Antariksa Cina

IDNFDC201105

Dahulu sebelum saya tidur, mamah saya selalu bercerita tentang orang pertama yang datang ke bulan Neil Amstrong dengan…..selamat! (haha). Dimulai pada saat misi Apollo 11 yang berhasil membawa Neil Amstrong ke bulan telah merubah mindset pasangan muda untuk lebih kreatif jika ingin merayu pasangangannya, yang dahulu bila seorang lelaki berkata, ”wajahmu bagaikan rembulan”, sang wanita akan tersipu malu. Namun, untuk saat ini jika rayuan itu diutarakan pada sang wanita, saya yakin wanita tersebut tanpa berpikir panjang akan menampar sang lelaki itu (haha!). Kembali ke topik!, misi apollo tersebut telah membuat semua umat manusia mengakui akan kehebatan dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Jika berbicara dunia antariksa, perhatian kita selalu terfokus kepada negara adidaya tersebut. Padahal jika kita gali informasi terbaru, negeri tirai bambu memulai program stasiun ruang angkasa, setelah ditolak bergabung dengan International Space Station (ISS), sebagian besar keberatan berasal dari AS. AS terlihat waspada terhadap hubungan teknologi dengan negeri tirai bambu ini. Dengan berbekal kemampuan yang dimilikinya, program antariksa cina telah membuat kemajuan yang besar sejak 2003 dan menjadi negara ketiga yang berhasil menempatkan manusia di ruang angkasa, serta berencana meluncurkan penjelajah bulan tahun depan. Dunia memang sedang dibuat kagum dengan pencapaian cina dalam bidang antariksanya. Dulu dunia hanya mengenal AS dan Rusia sebagai dua negara yang mampu menjelajahi dan ”menguasai” antariksa. Namun secara berangsur-angsur anggapan itu mulai ditinggalkan. Sedikit-sedikit negeri tirai bambu ini mulai mengejar ketertinggalannya. Berbicara tentang antariksa cina, tentunya tak bisa lepas dari nama Qian Xuesen. Dialah perintis teknologi roket cina dan dikenal sebagai bapak program teknologi antariksa cina. Beliau mulai melakukan program luar angkasa cina pada tahun 1950-an. Berkat kerja kerasnya, China berhasil meluncurkan satelit pertamanya, Dong Fang Hong 1, pada tanggal 24 April 1970 dengan menggunakan roket Long March 1F. Peristiwa inilah yang kemudian menobatkan cina sebagai negara kelima yang mampu meluncurkan satelitnya sendiri.

4. Bidang Olahraga

olimpiade 20085

Olimpiade Beijing tahun 2008 diasosiakan dengan kemakmuran dalam kebudayaan cina. Logo resmi pertandingan, berjudul “Beijing Menari”, dibentuk berdasarkan karakter kaligrafi “jing” merujuk kepada kota tuan rumah Beijing. Maskot Beijing 2008 adalah lima Fuwa. Masing-masing menggambarkan satu warna cincin Olimpiade, Moto Olimpiade 2008 adalah ” Satu Dunia, Satu Impian.” Pada olimpiade yang ke-29 ini, tidak tanggung-tanggung cina berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 51 emas, 21 perak, dan 28 perunggu.

5. Sumber Daya Manusia di Cina

chinese

Cina merupakan negara dengan penduduk terbesar di dunia, jika kita pergi ke segala penjuru, bisa dipastikan terdapat penduduk keturunan cina yang menetap disana. Karakteristik yang melekat pada diri mereka adalah orang cina pandai berdagang. Mereka terkenal dengan kepintaran dan keuletannya. Menurut sejarah cina, sebelum orang eropa dan Amerika berdagang, orang cina sudah lebih dulu berbisnis. Sebelum warga dunia mengenal kertas, masyarakat cina sudah lama menggunakannya, ketika bangsa Eropa dan Amerika ramai-ramai belajar filsafat, penduduk cina sudah sudah menularkan ilmu tersebut kepada anak cucunya. Bahkan filsuf-filsuf cina tak kalah hebat dibanding filsuf barat. Kehebatan tersebut terangkum dengan sejarah cina yang kata syahrini cetar membahana ulala badai.hahahaha!

6. Bidang Ekonomi

yuan-USdollar

Saya sangat semangat di nomor terakhir ini untuk mengulas kehebatan negeri tirai bambu ini dalam bidang ekonomi. Sumber daya manusia dicina yang terkenal dengan keuletan dan kepintarannya dijadikan senjata bagi pemerintahnya dalam mengelola kestabilan ekonomi. Di cina sudah terkenal dengan yang namanya home industry yang telah dibina oleh pemerintah, dimana dalam mebuat suatu produk (misalnya sepeda), terdapat ratusan home industry yang mengerjakannya. Pabrik hanya bertuga merakit hasil home industry tersebut. Di negeri tirai bambu tersebut, pendirian mall dibatasi. Dalam satu kota hanya diperbolehkan satu mall, itupun dengan syarat dan izin yang sangat sulit. Tujuannya untuk menghidupkan pengusaha-pengusaha kecil yang jualan di toko-toko.
Yang lebih hebatnya di Shenzen, salah satu kota di China, terdapat pusat penjualan barang-barang palsu. Pemerintah negeri tirai bambu ini tidak melarang rakyatnya untuk melakukan pemalsuan produk, hal ini bertujuan agar rakyatnya terbiasa menggunakan otak kanannya. Tak dipungkiri, pemalsuan barang-barang tersebut mendongkrak perekonomian negeri cina. Tak diragukan lagi cina sebagai negara dengan kemajuan ekonomi yang cepat. Di saat negara kita sedang berjuang mati-matian untuk meningkatkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, di lain pihak Cina justru mengalami tekanan dari dunia agar mau mengambangkan nilai mata uangnya yang dinilai dipatok terlau rendah. Pematokan nilai yuan yang sudah dilakukan semenjak tahun 1994 ini diprotes karena dianggap sebagai penyebab utama miringnya harga produk-produk Cina di pasaran dunia (Sarnianto, 2004). Kekhawatiran tersebut memang beralasan melihat hampir dapat dikatakan produk-produk berlabel made in China medominasi pasar dunia mulai dari sekedar peniti sampai perangkat elektronika canggih. Di sana juga banyak sekolah kejuruan yang dididik untuk menjadi seorang enterpreuner, andai saja sistem pendidikan di Indonesia, menjadikan siswa sekolah menengah menjadi seorang enterperuner, bukan menjadi seorang buruh pabrik. Saya yakin akan meingkatkan kondisi perekonomian yang stabil karena adanya persaingan bisnis.

Beginilah keistimewaan yang dimiliki oleh negeri tirai bambu ini, sehingga muncul istilah gapailah ilmu sampai ke negeri cina. Kenapa harus cina? Istilah ini muncul karena adanya alasan. Kepintaran dan keulatan mereka menjadi jaminan bahwa jika kita belajar di sana, kita juga akan mewarisi bakat alami yang sama. Cina memang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki dengan bangsa lain, Keunggulan cina juga sudah dirasakan dalam cerita sejarah cina itu sendiri. Saatnya kita belajar gapailah ilmu setinggi langit, gapailah ilmu sampai ke negri cina!.

4 thoughts on “Gapailah Ilmu Sampai ke Negeri Cina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s